Minggu, Juni 23, 2013

Teknologi Nusantara


Teknologi Nusantara

Secara garis besar Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Tetapi di dalam pembahasan saya saat ini akan membahas sedikt tentang perkembangan teknologi nusantara.

Perkemangan Teknologi di Indonesia sangat cepat sekali di saat memasuki abad 20 ini,  dari mulai handphone ataupun teknologi yang lainya banyak yang  sudah dapat di kendalikan otomatis atau mungkin diabad 20 ini manusia bisa saja hanya melihat dan semua pekerjaan atau semua yang di inginkan tercapai denngan bantuan robotic. Atau yang lainnya.

Teknologi di Indonesia memang sangat cepat berkembang tetapi di sebuah dareah  masih banyak pula yang mempergunakan teknologi yang sangat manual sekali, contohnya di daerah jawa timur  masih ada petani yang membajak sawah dengan menggunakan hewan ternaknya seperti sapi atau kerbau.


Membajak sawah dengan bantuan hewan ternak “teknologi lama”

Membajak sawan dengan menggunakan traktor “teknologi modern”

Masih banyak sekali contoh contoh teknologi nusantara, setelah saya cermati tentang perbedaan kedua teknologi tersebut banyak sekali perbedaanya tetapi masksud mereka sama menbajak sawah tetapi berbeda teknologi yang di pergunakan.

Kelebihan Membajak sawah dengan menggunakan kerbau
·         Tidak menimbulkan polusi
·         Tidak perlu membeli bahan bakar dll.
Kekurangan Membajak sawah dengan menggunakan kerbau
·         Hasil tanah yang dibajak memang tidah sebaik dengan menggunakan traktor
·         Harus memiliki hewan ternak dan harus merawatnya  dll.

Kelebihan membajak sawah dengan menggunakan traktor
·         Hasil tanah yang dibajak lebih baik dibandingan taah  yang dibajak dengan hewan ternak
·         Pekerjaan jauh lebih cepat
·         Mesin traktor lebih mudah dipergunakan dll.
Kekurangan membajak sawah dengan menggunakan traktor
·         Menimbulkan polusi
·         Menggunakan bahan bakar dll.

Dari analisa saya diatas dapat saya simpulkan jika dijaman sekarang ini teknologi modern lebih banyak dipakai dari pada teknologi lama. Karena menggunakan teknologi modern itu jauh lebih mempersingkat waktu dan hasilnya pun bisa sama ataupun lebih baik dari teknologi lama. Tetapi sebagai anak bangsa walaupun dijaman teknologi modern seperti ini, kita harus mengetahui bagaimana cara membajak sawah pada jaman dahulu sehingga dapat menghasilkan beras dan menjadi nasi untuk menjadi kebutuhan pokok kita dari jaman dahulu.

1 komentar: