Rabu, November 11, 2015

Layanan yang di berikan pada system telematika

Layanan yang di berikan pada system telematika



Layanan Telematika merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis jaringan yang didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Dari berbagai sumber yang saya baca jenis-jenis layanan telematika itu dibagi menjadi:
1.Layanan Telematika di Bidang Informasi
2.Layanan Telematika di bidang Keamanan
3.Layanan Context Aware dan Event-Based
4.Layanan Perbaikan Sumber

Layanan Telematika di Bidang Informasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi, pada saat ini tidak dapat dilepaskan dengan Telematika (cyberspace). Perkembangan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini, telah mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan di masyarakat saat ini, sebagai contoh perkembangannya, Teknologi Telematika saat ini telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga sejumlah besar informasi dapat ditransmisikan dengan jangkauan yang jauh, bahkan sampai seluruh dunia. Pada saat ini Informasi sudah banyak sekali berkembang, hanya saja harus adanya dukungan dari Teknologi. Teknologi Telematika yang telah berkembang sehingga mampu menyampaikan suatu informasi. Berikut ini adalah sebuah contoh layanan Telematika pada bidang Informasi :

§  Warung Telepon
Warung Telepon ( Wartel ) adalah sarana telekomunikasi untuk masyarakat umum. Di dalam wartel terdapat kamar bicara ( KBU ) berisi pesawat telepon untuk digunakan pemakai jasa. Telepon di dalam kamar bicara umum bisa digunakan untuk pembicaraan telepon lokal, antar wilayah, interlokal ( SLJJ ), maupun sambungan langsung internasional. Biaya pemakaian jasa telekomunikasi dibayar langsung di tempat oleh konsumen sesuai tarif pulsa yang berlaku ditambah tarif pelayanan. pada saat ini wartel sudah sangat jarang dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini.

§  Warung Internet 
Warung Internet ( Watnet ) adalah contoh dari pengaruh internet bagi masyarakat, selain sebagai tempat mendapatkan informasii warnet juga dapat sebagai sarana komunikasi melalui internet. Warnet pun kini sudah banyak dan dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat manapun. 

§  E-Commerce
E-Commerce adalah kegiatan jual beli secara electronik melalui jaringan internet. Kegiatan e-commerce memudahkan masyarakat dalam memasang iklan, memasarkan barang jualannya, membeli barang dan melakukan pemesan serta memudahkan mendapatkatkan informasi tentang barang yang diinginkan. E-commerce dapat diakses secara luas diseluruh dunia, prosesnya pun mudah dan tidak tergantung pada ruang dan waktu, siapa saja dapat menggunakannya dimana saja dan kapan saja. Contoh: Lazada, Bhinneka, Berniaga, dsb.

§  Pemesanan dan Pembelian Tiket Online 
Pemesanan dan Pembelian Tiket Online adalah sebuah layanan Telematika yang saat ini memudahkan masyarakat untuk membeli atau memesan tiket tanpa perlu repot datang ke stasiun atau bandara untuk memesan atau membeli tiket kereta api ataupun pesawat terbang. Selain pemesanan dan pembelian tiket masyarakat pun juga dapat melihat jadwal kedatangan maupun keberangkatkan dari transportasi yang ingin digunakan. 

§  Global Positioning System (GPS)
Global Positioning System ( GPS ) adalah sebuah layanan Telematika yang berfungsi untuk melacak atau bisa juga untuk member arah alamat yang ingin anda tujukan. Saat ini GPS banyak digunakan pada kendaraan yang telah menanamkan tenologi GPS ini, Penggunaan GPS berfungsi untuk memudahkan dalam menujukan arah dan mencari tempat yang diinginkan atau bisa juga untuk melacak keberadaan kendaraan anda pada saat hilang.


Dari Segi Media Internet

            Kelebihan               : Akses infromasi di internet tidak dibatasi oleh waktu karena dunia maya yang dihadirkan secara global tidak pernah tidur. Dengan kata lain, kita dapat melakukan pencarian informasi melalui internet kapan saja selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Kekurangan            : Informasi yang tersedia di internet sangat besar jumlahnya, namun tidak semuanya kita butuhkan.

9.      Kelebihan        : Bergaul di dunia maya melalui website social networkingSitus seperti facebook.com, twitter.com, koprol.com, friendster.com dsb dapat kita manfaatkan untuk menjalin silahturahmi secara online.

·      Kekurangan    : Adanya ancaman dari virus-virus yang ada di dunia maya, kadang seseorang sengaja melakukan penyebaran virus supaya para pengguna internet dapat terpengaruh, makanya hati-hatilah ketika anda masuk ke suatu website.

      Kelebihan        : Untuk sebagian orang internet tidak asing di kalangan pemakai internet atau yang lebih di katakan adalah pencinta teknologi.

·       Kekurangan    : Tapi dalam Internet banyak Pengaksesan situs - situs yang tidak baik.


Revrensi

1.    http://www.belajartekhnik.com/2014/10/pengertian-telematika-dan-     layanan-dalam.html

0 komentar:

Posting Komentar