Minggu, Oktober 06, 2013

Ciri ciri organisasi

Ciri ciri Organisasi

1. Adanya komponen ( atasan dan bawahan) pada satu struktur organisasi,
Pada  hal ini komponen organisasi adalah hal yang paling penting karena organisasi dibangun oleh komponen komponen yang secara terurut, mulai dari atasan atau sering disebut Top, lalu menengah yaitu Middle, dan yang terakhir yaitu Low,
Contoh komponen  organisasi yaitu,
·         Ada kepala organisasi yang disebut Top, tingkatan tertinggi pada satu organisasi.
·         Ada bagian tengah organisasi yang biasa disebut middle, yaitu tingkatan dibawah Top dan diatas Low.
·         Ada bagian terakhir yaitu Low, pada  tingkatan ini adalah paling bawah pada satu organisasi.

2. Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang) 
            Adanya kerja sama pada satu organisasi yaitu bahwa satu organisasi memiliki satu tujuan dan tujuan tersebut akan lebih mudah jika dikerjakan secara bersama sama yaitu satu organisasi yang Dimana di satu organisasi sudah terdapat bagian bagian yang akan dilakukan dan dengan cara ini satu tugas akan selesai secara cepat dan akan lebih sedikit resik kesalahan,
Contoh adanya kerja sama dalam satu organisasi yaitu,
·         Pada tingkat sma, Dimana satu sekolah akan mengadakan satu pentas seni, bagian top yaitu kepala sekolah, middle yaitu bagian bagian kesiswaan dll, dan low yaitu bian Osis, Dimana setiap bagian tersebut memiliki tugasnya masing masing. Diama kepala sekolah tugasnya tanda tangan, staf staf  mendapatkan ide dari para anggota Osis dan memperhitungkannya kembali, dan Osis yang memiliki ide ide kreatif.

3. Adanya tujuan 
Adanya tujuan dalam membuat satu organisasi karena satu organisasi dibuat untuk mempermudah satu tujuan agar lebih tepat dan cepat serta memperkecil kesalahan kesalahan.

4. Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati 
            Setiap bagian dari satu organisasi yaitu memiliki batasan batasan dalam hal beretika, berbeda dengan kata kata “setiap manusia memiliki derajat yang sama dimata tuhan’’ pada satu organisasi memiliki  batasan batasan beretika atau ruang lingkup organisasi,
Contoh,
1.    low
o   Low – Low
2.    Middle
o   Middle – Middle
o   Middle – Low
3.    Top (karena top hanya ada 1 maka tidak berlaku “Top-Top’’)
o   Top – Middle
o   Top – Low 

5. Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas,
Pada hal ini dari top sampai dengan low memiliki tugas masing masing antara low sampai dengan top memiliki tugas yang saling berkaitan atau berhubungan jadi menurut saya top tidak akan memiliki produk yang maksimal jika middle dan lob tidak diberi arahan yang di inginkan oleh top,

contoh,
·         Top memberi perintah kepada middle,
Manager memberi perintah kepada kepala bagian,
·         Middle memberi perintah Kepada Lower,
Kepala bagian memberi perintah kepada karyawan,
·         Lower memberi hasil kepada Middle
·         Middle memberi hasil berupa sopran kepada top

   Nama : Dimas Kursiana Karsono Putra
   Npm   : 12112132
   Kelas  : 2ka37






0 komentar:

Posting Komentar